1. SNOWBALL
THROWLING
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk
kelompok – kelompok dan memanggil masing – masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing
– masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya
4. Kemudian masing –
masing siswa diberi satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa
saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas
tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain
selama lebih kurang 5 menit
6. Setelah siswa dapat
satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Guru memberikan
kesimpulan
8. Evaluasi
9. Penutup
2. STUDENT FACILITATOR AND EXPALINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan
siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta
konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan
ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan
semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
3.
COURSE REVIEW HORAY
Langkah – langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi sesuai TPK
3.
Memberikan kesempatan siswa tanya
jawab
4.
Untuk menguji pemahaman, siswa
disuruh membuat kotak 9/16/25
sesuai kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing –
masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan
siswa menulis jawaban didalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung
didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan kalu salah diisi tanda (x)
6.
Siswa yang sudah mendapat tanda
(v) vertical atau horizontal, atau diagonal harus segera berteriak
horay....atau yel – yel lainnya.
7.
Nilai siswa dihitung dari jawaban
benar dan horay yang diperoleh
8.
Penutup
4.
EXPLICIT INSTRUCTION (Pengajaran Langsung)
Pembelajaran secara langsung khusus
dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan
pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
selangkah
Langkah – langkah :
1. Menyampaikan tujuan
dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman
dan memberikan umpan balik
5. Membrikan latihan
untuk latihan lanjutan
5.
COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION
(CICRC) (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis)
Langkah – langkah :
1. Membentuk kelompok
yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan
wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajran
3. Siswa bekerjasama
saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
5. Guru membuat
kesimpulan bersama
6. Penutup
6. INSIDE OUTSIDE CIRCLE (Lingkaran Kecil
Lingkaran Besar)
Langkah – langlah :
1. Separuh kelas berdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya
membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap kedalam
3. Dua siswa yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Petukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada
di lingkaran kecil diam ditemapat, sementara siswa yang berada dilingkaran
besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam. Sehingga masing – masing
siswa mendapat pasangan baru
5. Sekarang giliran
siswa di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya
7. TEBAK KATA
Media : Buat kartu ukuran 10x10 cm dan isilah ciri – ciri atau kata-kata
lainya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak
Buat kartu ukuran 5x2 cm untuk menuliskan kata/istilah yang mau
ditebak(kartu ini dilipat dan ditempelkan pada dahi/diselipkan ditelinga)
Langkah – langkah :
1. Jelaskan materi lebih
kurang 45 menit
2. Suruhlah siswa
berdiri didepan kelas dan berpasangan
3. Seorang siswa diberi
kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang
siswa lainya diberi kartu 5x2 yang isinya tidak boleh dibaca(dilipat) kemudian
ditempelkan didahi atau diselipkan ditelinga
4. Sementara siswa yang
membawa kartu ukuran 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalmnya
sementara pasanganya menebak apa yang dimaksud pada kartu 10x10cm. Jawaban yang
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel didahi
5. Apabila jawabannya
tepat (sesuai yang tertulis dikartu) maka padangan itu boleh duduk. Apabila
belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarah dengan kata – kata
lain asal jangan langsung memberi jawaban
6. Dan seterusnya
7. Contoh kartu :
8. Perusahaan ini
tanggung jawabnya tidak terbatas
9. Dimiliki oleh satu
orang
10. Struktur
organisasinya tidak resmi
11. Bila untung dimiliki/diambil
sendiri
Contoh :
Nah, siapakah aku ?
Jawaban : PERUSAHAAN PERSEORANGAN
8. WORD SQURE
Media : Membuat kotak sesuai keperluan
Buat soal sesuai dengan materi
Langkah – langkah :
1. Sampaikan materi
sesuai kompetensi
2. Bagikan lembar
jawaban sesuai contoh
3. Siswa disuruh
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap
jawaban dalam kotak
Contoh :
1. Sebelum mengenal uang
orang melakukan pertukaran dengan cara...................
2. .................digunakan
sebagai alat pembayaran yang sah
3. Uang ...........saat
ini banyak dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan
uang disebut......................
5. Kemampuan uang untuk
ditukar dengan sejumlah barang/jasa disebut nilai..........................
6. Nilai perbandingan
uang dalam negeri dengan uang asing disebut.....................
7. Nilai yang tertulis
pada uang disebut nilai.........................
8. Dorongan seseorang
untuk menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif..........
9. Perintah seseorang
yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang
disebut....................
9. SCRAMBLE
Media : Membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi
Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyajikan
materi sesuai TPK
2. Membagikan lembar
kerja sesuai contoh
Contoh :
Susunlah huruf – huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci(Jawaban)
dari pernyataan kolom A
NO
|
A
|
B
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara.........
Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.........
Uang........saat ini banyak dipalsukan
Nilai bahan pembuat uang disebut nilai..........
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang/jasa disebut
nilai.......
Nilai perbandingan nilai uang dalam negeri dengan mata uang asing
disebut.......
Nilai yang tertulis pada uang uang disebut..........
Dorongan seseorang untuk menyimpan uang untuk keperluan jual/beli disebut
motif.................
Perintah tetulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk
membayar sejumlah uang disebut.................
|
TARREB/............
GANU/...............
TRASEK/..............
KISTRIANI/..........
LIRI/..................
SRUK/.................
MINALON/...............
SAKSITRAN/............
KEC/.................
|
10. TAKE AND GIVE
Media : Kartu ukuran 10x15 cm sejumlah peserta, tiap kartu berisi sub
materi (yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai TPK)
Kartu kontrol sejumlah siswa, contoh : Nama siswa sub materi, Nama yang
diberi, dst
Langkah – langkah :
1. Siapkan kelas
sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi
sesuai TPK
3. Untuk memantapkan
penguasaan peserta. Tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk
dipelajari(dihapal) lebih kurang 15 menit
4. Semua siswa disuruh
berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu
masing – masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol
5. Demikian seterusnya
sampai tiap peserta mampu memberi dan menerima materi masing – masing
6. Untuk mengevaluasi
keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang
lain)
7. Strategi ini dapat
dimodifikasi sesuai keadaan
8. Kesimpulan
11. CONCEPT SENTENCE
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
tujuan
2. Guru menyajikan
materi secukupnya
3. Guru membentuk
kelompok yag anggotanya 4 orang secara heterogen
4. Menyajikan kata
”KUNCI” sesuai materi TPK yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh
membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6. Hasil diskusi
kelompok, disiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru
7. Kesimpulan
No comments:
Post a Comment